RSS

Teori Belajar

01 Mar

Berdasarkan pendapat para ahli terdapat lima teori tentang bagaimana siswa belajar, yaitu teori Behavioristik, Humanistik, Konstruktivistik, Kognitivistik, dan Sosial. Masing-masing teori memiliki pandangan yang berbeda mengenai karakteristik belajar siswa.

1.      Teori Behavioristik

Teori ini dikembangkan oleh Gage dan Berliner. Berdasarkan teori ini siswa dinyatakan belajar jika terdapat perubahan tingkah laku sebagai hasil pembelajaran. Kepada siswa diberikan stimulus-stimulus yang dapat merangsang respon. Jadi dalam teori ini guru mengkondisikan lingkungan (memberi stimulus), sedangkan siswa cenderung pasif. Tingkah laku yang terbentuk akan semakin kuat jika guru memberi penguatan, dan akan melemah jika guru memberi hukuman.

 

2.      Teori Humanistik

Tujuan belajar menurut teori ini adalah untuk memanusiakan manusia. Siswa diharapkan dapat mengenali diri mereka sendiri, mengaktualisasi diri, dan mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya. Dalam teori ini siswa berperan sebagai pelaku utama, sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator dan memotivasi siwa. Sehingga siswa yang tidak aktif ataupun tidak mau mengenali potensi dirinya akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

 

3.      Teori Konstruktivistik

Dalam teori ini, siswa belajar dengan mengkonstruksi (membangun) pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya. Pembelajaran berpusat pada siswa, artinya siswa aktif mengembangkan pengetahuan mereka. Siswa dianggap telah memiliki konsepsi awal, yang kemudian bisa berubah seiring berjalannya proses pembelajaran (terjadi akomodasi). Menurut teori ini pembelajaran harus mengutamakan  proses, sehigga siswa banyak melakukan kegiatan eksperimental. Selain itu teori ini juga menekankan pada pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, sehingga siswa terbiasa berpikir secara induktif. Oleh karena itu, guru dituntut untuk bisa menciptakan situasi dimana siswa mendapat pengalaman belajar secara langsung.

4.      Teori Kognitivistik

Pembelajaran menurut teori ini menekankan pada pengolahan informasi. Siswa diharapkan dapat mengintegrasikan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang dia miliki sebelumnya. Dalam teori ini guru menyusun materi pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa. Proses belajar siswa terjadi melalui tahap-tahap enaktif (belajar melalui tindakan pada objek), ikonik (penggunaan model dan gambar), dan simbolik (berpikir abstrak).  Siawa cenderung berpikir deduktif, karena siswa diberi informasi umum, kemudian mencari contoh-contohnya. Teori ini lebih menekankan pada aspek kognitif / intelegensi siwa.

5.      Teori Sosial

Menurut teori belajar ini, seorang anak dikatakan belajar jika ia telah dapat berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Konsekuensinya dalam pembelajaran dibentuk community of practice agar anak dapat berpartisipasi penuh. Kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang pembelajaran adalah diskusi kelompok, diskusi kelas, presentasi, dll. Diharapkan ketika siswa terjun ke masyarakat mereka dapat dengan mudah bersosialisasi dengan lingkungannya.

Meskipun masing-masing teori di atas memiliki karakteristik yang berbeda, namun terdapat kesulitan untuk membedakan karakteristik teori belajar konstruktivistik dan kognitivistik. Untuk mempermudah membedakan, mari kita perhatikan tabel berikut.

No. Karakteristik Konstruktivistik Kognitivistik
1 Perubahan konsepsi awal siswa ditekankan pada Akomodasi (penyesuaian struktur kognitif terhadap informasi baru) Asimilasi (pengintegrasian informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada)
2 Sikap siswa dalam pembelajaran aktif pasif
3 Pembelajaran ditekankan pada proses hasil
4 Kegiatan pembelajaran Eksperimen, diskusi Menyimpan dan menggunakan informasi yang sudah dipahami
5 Peranan guru Menciptakan kondisi dimana siswa mendapat pengalaman belajar Menerangkan, menyusun materi agar mudah dipahami siswa

 

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on March 1, 2011 in Education

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: